Skip to main content

PR Sepanjang Masa

Kalau kita diberikan PR setiap waktu setiap hari bagaimana perasaan kita? Pasti kesal dan bertanya-tanya, "Kenapa harus setiap hari, sih?"

Mungkin di semua sekolah di dunia ini tidak ada yg seperti itu, ya. Memberikan PR setiap detik setiap menit. Pasti para siswa kabur tunggang langgang. Dan menulis status, "Pengen nikah saja."  He he.

Namun, Sobat. Harus diketahui bahwa bagi kita, memang ada PR yg harus dikerjakan sepanjang waktu sepanjang masa tiada henti (kecuali maut).

Wah, kok, ngeri?

Apa itu?

Jawabannya adalah PR mendidik hati #Eaaa (ternyata tidak hanya anak yg harus dididik, ya, hati pun perlu).

Didik lah hati agar dia tetap bening. Sebening embun pagi.

Logikanya begini. Hati itu kan seperti kaca mobil. Kalau dia tidak dilap dan dibersihkan, maka bisa jadi kita tidak bisa melihat apa yg ada di depan kita. Kemungkin terburuknya kita akan menabrak pembatas jalan, trotoar, atau pagar rumah orang. Hii.

Kalau kacanya bersih, benderang, menyetir pun nyaman dan tidak khawatir karena bisa melihat apa yg akan dilalui jadi bisa berhati-hati. Mau menginjak rem atau gas pun tepat.

Begitu pun dengan hati. Apabila hati tidak dididik dgn ilmu hati, maka dia akan ditutupi oleh kabut. Sehingga menyebabkan hati yg sebagai raja tidak mampu membedakan mana yg baik dan mana yg benar. Atau bahkan cahaya Ilahi tidak mampu menembus ke kedalaman sanubari kita. Naudzubillah.

Ada pun jika hati kita terus dididik dan dibasuhi ilmu Islam selalu, maka dia akan benderang. Mampu melihat mana yg salah dan mana yg buruk. Mampu melihat petunjuk Ilahi. Mampu peka terhadap kehendak Ilahi. Bahkan sampai berbicara pun org yg hatinya bening hanya akan mengeluarkan butiran-butiran mutiara yg amat berharga sebab lidahnya dibimbing hatinya yg disinari cahaya Ilahi.

MasyaAllah (。ŏ_ŏ) Betapa indahnya!

PR kita setiap waktu adalah mendidik hati.

Bagaimana cara mendidik hati? Bersihkan lah dgn obat hati. Mulai dr beribadah dgn tata cara yg benar. Mulai dan awali lah dr salat. Salat lah di awal waktu dgn wudhu yg sempurna dan laksanakan dgn tidak asal-asalan. Pelajari lah dulu salat, nikmati tiap gerakannya, dan sadari lah apa yg sedang dibaca.

Setelahnya, gaungkan ibadah sunnah sebagai cara mendekat kepada Allah. Semakin dekat dgn Allah, semakin bening hati kita. InsyaAllah.

Yuk, dicoba. ♥

Comments

Popular posts from this blog

Housewife Vs Homemaker

Housewife vs Homemaker? Apa ini? Dalam Bahasa Inggris, profesi IRT alias Ibu Rumah Tangga biasa disebut housewife . Karena ilmu bahasa Inggris saya nihil, jadi saya gak tau kenapa orang Inggris menamakan IRT itu dengan sebutan housewife ? Sebuah kata yang terdiri dari dua suku kata, "rumah" dan "istri". Kalau dibolehin untuk ngasih opini dari kelas sudra saya, mungkin maksudnya adalah seorang istri yang jadi pengendali urusan rumah. Wah, keren. Lebih lengkapnya bisa mungkin cari di kamus EOD, Gais. Daripada penasaran, hehe. Gak salah memang kalau seorang IRT diartikan sebagai seorang istri yang jadi pengendali urusan rumah, sebab memang begitu lah kenyataan yang sering terjadi di masyarakat. Namun, karena bahasa punya sifat inovatif, di mana dia bisa berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, bisa jadi kosakata housewife  dapat digantikan perannya menjadi homemaker . Wah, apa itu? Istilah homemaker  tercetu

Belajar Bahasa Jepang Sehari-hari

Di Rumah Orang Jepang biasanya sesaat setelah mereka bangun pagi, akan langsung menyapa keluarganya. Dengan ucapan selamat pagi, "Ohayou" . Mereka akan saling mendahului untuk menyapa dengan ucapan ini. Mari kita mulai percakapannya! Sakura : "Ohayou" Okaasan : "Ohayou" Otousan : "Ohayou" Kenta (Imouto) : "Ohayou" Sakura : Hayaku okiru ne, Kenta ha." Okaasan : "Sou ne. Kyou otona ni nattakara ne." Kenta : "Nande sore. Kyou shiken ga attakara." Otousan : " Yoku ganbatte ne . Jaa, ikanakya. Ittekimasu . " Okaasan : "A, itterashai ." Kenta to Sakura : " Itterashai ." Terjemahan Sakura : "Pagi." Ibu : "Pagi." Ayah : "Pagi" Kenta (adik laki-laki) : "Pagi." Sakura : "Kenta bangunnya cepet ya." Ibu : "Iya ya. Karena sekarang ma udah gede." Kenta : "Apaan sih. Aku bangun cepet karena ada ujian hari in

Asmaul Husna*

Saat mendengarkan iklan di radio MQ FM, saya terkesan oleh salah satu lagu di dalamnya. Lagu itu menyanyikan 99 nama-nama Allah yang baik dan agung, yakni Asmaul Husna. Lalu sadar kalau laguitu sangat menyentuh hati saya, saya buru-buru merekamnya. Dan lalu saya menangis ketika mendengarkannya. Alhamdulilah. Sudah dua minggu semnejak saya mendapatkan lagu baik itu. Lalu saya ingin sekali mengikuti lagu tersebut. Namun saya terbatas karena belum hafal lirik lagunya. Dengan beberapa kali mendengarkan lagu itu, saya pun menulis liriknya yang semoga sesuai dengan lagu tersebut. Saya masih belum tahu siapa gerangan sang biduannya. Mungkinkah Sami Yusuf? Hemm. Siapapun dia, semoga Allah menjaganya dengan sebaik-baik perlindungan ^^ Bdw, ini lanngsung saja saya lampirkan liriknya. Siapa tahu kalian sudah  punya lagunya tapi belum tahu liriknya. Hehe. Mari kita sharing . Yang bisa nyanyiin lagunya, ayo nyanyikan! Ya Allah...4x Ya Allah...4x Allahu antal malikul quddus... Wal jabbarul