Skip to main content

WNBK

WNBK? Apaan, tuh? Serius, sepertinya bukan cuman aku yang baru dengar ini istilah, tapi kalian juga baru, bukan? Ngaku, deh! Ok, dari pada saling tuduh kagak jelas begini, mending kita langsung aja, deh kupas tuntas apa itu WNBK?

Hari ini, aku dan teman kosanku menghadiri seminar dan launching "Rumah I'm Star". Rumah apa itu? Sebelum menjelaskan Rumah I'm Star, aku mau nepatin janji dulu ke kalian untuk ngasih tau apa itu WNBK. Jadi, WNBK itu singkatan dari Warga Negara Berkebutuhan Khusus.

Ok, mungkin sekarang kita mulai terbiasa dengan istilah "Anak Autis", "ABK", atau istilah-istilah semacamnya. Ternyata, ada segolongan dari mereka yang sudah tidak anak-anak lagi. Lima belas tahun yang lalu mungkin mereka masih berjalan dan belajar bersama dengan orang tua tercinta mereka, adik, saudara, dll. Tapi, seiring berjalannya waktu, mereka pun mulai tumbuh dan dewasa. Sehingga, ada sebuah kekhawatiran dari beberapa pihak terhadap masa depan anak-anak yang memiliki kespesialan ini. Salah satu orang yang peduli itu adalah Pak Edi dan istri, mereka mendirikan "Rumah I'm Star". Pertama, mereka sendiri adalah orang tua dari Arya, seorang pemuda dan warga negara yang memiliki kespesialan.

Di lembaga ini, anak-anak dilatih dan dibekali kemampuan-kemampuan yang sesuai dengan kapasitas mereka. Ada yang bekerja di laundry, mengepak barang, dll. Kemampuan-kemampuan mereka yang spesial  diarahkan agar bernilai ekonomis. Harapannya ke depan mereka bisa mandiri dengan cara bekerja atau wirausaha sesuai kemampuan mereka.

Ok, stop dah ya ngejelasin topik yang itu. Kini mari kita berlanjut ke kesan dan pesan yang tadi hadir ke acara tersebut, yaitu dirikuuuu.

Pertama kali acara dibuka oleh penampilan Spesial Duo Percussion (maaf dah kalo salah cara nulisnya). Ya Allah, dua anak laki-laki spesial berumur 12 tahun-an ini unjuk kemampuan main drum! Nangis liatnya daku. Bukan apa-apa, mereka anak spesial, tapi sebenarnya mereka adalah anak-anak hebat. Punya kemampuan luar biasa. Allah benar-benar memberikan kespesialan di diri mereka. Penampilan mereka sukses mengundang tepuk tangan meriah dari penonton.

Kedua ditunjukan profil anak-anak hebat lain yang sudah berkarya, ada yang punya kemampuan membuat origami sendiri (menciptakan bentuk origami sendiri), ada yang jadi novelis, ada yang jadi penyanyi, drummer, duh masyaAllah, luar biasa. Sungguh!

Acara yang keren.
Tidak lupa pula ada paparan mengenai Auitsm dari Dr. Purbowo Solek, seorang pakar spesialis anak, panjang lebar beliau menjelaskan mengenai anak-anak yang punya kebutuhan khusus. Oh, iya bintang tamu di acara tadi tidak kalah spesial, lo! Siapa? Tau? Mau tau? Yups, D'Masive! Salah satu personil penyanyi lagu "Jangan Menyerah" ini ada yang bertanya, "Apa penyebab seorang ibu melahirkan anak Autis?" Dr. Purbowo menjelaskan banyak penyebabnya, bisa dari gen, saat masa kehamilan pertama ada kelainan, infeksi saraf, atau saat lahir anak tidak menangis, perkembangan motoriknya lambat, dll. Kalau melihat tanda-tanda tersebut, misal anak kita sudah enam bulan tapi belum bisa apa-apa, itu bagian dari ciri-ciri ketidak normalan, segera bertindak jangan menunggu dia besar dulu. Tindakan yang cepat bisa memberikan penanganan yang cepat bagi si anak.

Selain itu, Dr. Purbowo juga menyampaikan bahwa Autis itu bukan lah penyakit, tapi kelainan saraf. Dia tidak bisa dikatakan sembuh tapi kalau rajin diterapi bisa lebih baik. Kebanyakan anak-anak yang memiliki kespesialan itu mereka kesulitan dalam verbal, gangguan pada sistem motorik, emosi, perilaku, kognisi, dan sosial emosi. 

FYI, nih. IQ anak yang berkebutuhan khusus ada yang di bawah standar, mencapai 40-60. Sedangkan IQ standar seseorang itu jatuh diangka 90, Gengs! 

Kabarnya, akhir-akhir ini ABK bertambah jumlahnya. Melengkapi uraian mengenai penyebab di atas, ada penyebab lain dari lahirnya anak-anak ABK, yaitu berasal dari orang tua yang punya diabetes, suka minum alkohol, dll. Itu mempengaruhi kehidupan anak di dalam perut, lo!

Ok, Teman-teman, pasti kalian masih penasaran dengan bahasan WNBK ini, ya kan? Ngaku aja, deh. Jangan kabur dulu, memang penjelasan yang dipaparkan disini masih pincang, tapi itu lah tujuannya (ngeles), agar kalian bisa mencari tau sendiri. 

Satu pesan atau mungkin lebih dari satu pesan buat kita semua, jagalah kesehatan kita, berikan kebaikan bagi tubuh yang sesuai dengan haknya. Apa pun takdir yang Allah berikan kepada kita, itu bukanlah sebuah beban, melainkan hadiah untuk kita syukuri. Mengutip lirik lagu D'Masive yang Jangan Menyerah, ah.
Tak ada manusia 
Yang terlahir sempurna 
Jangan kau sesali 
Segala yang telah terjadi
Kita pasti pernah
 Dapatkan cobaan yang berat 
Seakan hidup ini 
Tak ada artinya lagi
**Syukuri apa yang ada
 Hidup adalah anugerah
 Tetap jalani hidup ini
 Melakukan yang terbaik

Terakhir adalah bonus! Siap? Bonusnya apa, ya? Apa lagi kalau bukan pamer foto-foto. Iwh. Kuy, ah check it out!


Ok, sekian postingan kali ini. Semangat, Bloggy!
 

Comments

Popular posts from this blog

Housewife Vs Homemaker

Housewife vs Homemaker? Apa ini? Dalam Bahasa Inggris, profesi IRT alias Ibu Rumah Tangga biasa disebut housewife . Karena ilmu bahasa Inggris saya nihil, jadi saya gak tau kenapa orang Inggris menamakan IRT itu dengan sebutan housewife ? Sebuah kata yang terdiri dari dua suku kata, "rumah" dan "istri". Kalau dibolehin untuk ngasih opini dari kelas sudra saya, mungkin maksudnya adalah seorang istri yang jadi pengendali urusan rumah. Wah, keren. Lebih lengkapnya bisa mungkin cari di kamus EOD, Gais. Daripada penasaran, hehe. Gak salah memang kalau seorang IRT diartikan sebagai seorang istri yang jadi pengendali urusan rumah, sebab memang begitu lah kenyataan yang sering terjadi di masyarakat. Namun, karena bahasa punya sifat inovatif, di mana dia bisa berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, bisa jadi kosakata housewife  dapat digantikan perannya menjadi homemaker . Wah, apa itu? Istilah homemaker  tercetu

Belajar Bahasa Jepang Sehari-hari

Di Rumah Orang Jepang biasanya sesaat setelah mereka bangun pagi, akan langsung menyapa keluarganya. Dengan ucapan selamat pagi, "Ohayou" . Mereka akan saling mendahului untuk menyapa dengan ucapan ini. Mari kita mulai percakapannya! Sakura : "Ohayou" Okaasan : "Ohayou" Otousan : "Ohayou" Kenta (Imouto) : "Ohayou" Sakura : Hayaku okiru ne, Kenta ha." Okaasan : "Sou ne. Kyou otona ni nattakara ne." Kenta : "Nande sore. Kyou shiken ga attakara." Otousan : " Yoku ganbatte ne . Jaa, ikanakya. Ittekimasu . " Okaasan : "A, itterashai ." Kenta to Sakura : " Itterashai ." Terjemahan Sakura : "Pagi." Ibu : "Pagi." Ayah : "Pagi" Kenta (adik laki-laki) : "Pagi." Sakura : "Kenta bangunnya cepet ya." Ibu : "Iya ya. Karena sekarang ma udah gede." Kenta : "Apaan sih. Aku bangun cepet karena ada ujian hari in

Asmaul Husna*

Saat mendengarkan iklan di radio MQ FM, saya terkesan oleh salah satu lagu di dalamnya. Lagu itu menyanyikan 99 nama-nama Allah yang baik dan agung, yakni Asmaul Husna. Lalu sadar kalau laguitu sangat menyentuh hati saya, saya buru-buru merekamnya. Dan lalu saya menangis ketika mendengarkannya. Alhamdulilah. Sudah dua minggu semnejak saya mendapatkan lagu baik itu. Lalu saya ingin sekali mengikuti lagu tersebut. Namun saya terbatas karena belum hafal lirik lagunya. Dengan beberapa kali mendengarkan lagu itu, saya pun menulis liriknya yang semoga sesuai dengan lagu tersebut. Saya masih belum tahu siapa gerangan sang biduannya. Mungkinkah Sami Yusuf? Hemm. Siapapun dia, semoga Allah menjaganya dengan sebaik-baik perlindungan ^^ Bdw, ini lanngsung saja saya lampirkan liriknya. Siapa tahu kalian sudah  punya lagunya tapi belum tahu liriknya. Hehe. Mari kita sharing . Yang bisa nyanyiin lagunya, ayo nyanyikan! Ya Allah...4x Ya Allah...4x Allahu antal malikul quddus... Wal jabbarul