Skip to main content

Berfikir dan Beriman

Saat membaca Alquran terjemahannya, mungkin kita akan menemukan banyak sekali ayat yang menyuruh kita untuk berfikir. Sebut saja Surah Az-Zumar ayat 42, "Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir." Allah menyuruh kita -hambanya- untuk memikirkan tanda-tanda kekuasaan Allah lewat tidur. Tapi, sangat menarik saat kita membuka ayat Alquran surat An nahl ayat 79 yang berbunyi, "Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang di angkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman." Kenapa, ya? Allah menyebutkan "bagi orang-orang beriman"di akhir ayat tersebut? 

Kalau dari hemat saya, sih, dalam ayat pertama, Allah menyuruh kita untuk memikirkan hal-hal yang ada di sekitar kita, karena sesungguhnya dalam aktivitas kita sehari-hari -kalau kita memikirkannya-, terdapat tanda-tanda kebesaran Allah. Sedangkan, di ayat ke dua, Allah memberi tau kita, kalau orang-orang beriman itu pasti bakalan melihat tanda-tanda kebesaran Allah dari seeegala hal yang dia lihat, rasa, tahu, dan dengar. 

Jadi, sebenarnya dengan berfikir dan memikirkan semua yang kita lihat, dengar, dan rasa akan membawa kita pada sebuah pencarian makna hidup. Simpelnya, dengan memikirkan hal-hal yang kita lihat, rasa, dan dengar bagi si badui, akan membawa dia pada keimanan, bagi orang beriman, apabila dia berfikir, maka dia akan menemukan seeegala hal yang dia lihat, rasa, dan dengar itu sebagai penambah keimanan dia. Sebab, semuanya dia olah dan cerna dengan keimana, jadi lah semut kecil yang berjalan pun bisa membuat menangis karena kekagumannya kepada Allah. Bagi orang beriman, kuku saja adalah tanda-tanda kebesaran Allah. 

Sungguh luar biasa Alquran. Banyak menyimpan misteri. Andai kan saya dapat membukanya satu demi satu. Alquran itu seperti sumur yang suangat dalam. Setiap satu jengkal dindingnya punya mata air ribuan cabang, dan setiap cabang punya ribuan cabang lagi. Itu lah Alquran. Di dalamnya banyak sekali hikmah dan ilmu yang bisa membuat kita semakin kaya. Kalau kita ingin mengetahui teka-teki Ilahi, maka telusuri lah Alquran. Dengannya, kita akan mengetahui teka-teki Maha Dahsyat. Walau sejatinya keluasan ilmu Allah takan ada yang bisa menandingi.

Akhir kata, itu hanya secuplik analisa saya terhadap ayat Alquran. Saya yakin dan amat yakin kalau di dalamnya banyak kekurangan. Jangan sampai dengan kekurangan saya itu menimbulkan prahara. Saya hanya menganalisa dari sudut pandang pengetahuan kelas sudra saya. Jadi, tolong maafkan tapi tolong tetap baca, ya! Semoga bermanfaat. Wkwk.

Comments

Popular posts from this blog

Housewife Vs Homemaker

Housewife vs Homemaker? Apa ini? Dalam Bahasa Inggris, profesi IRT alias Ibu Rumah Tangga biasa disebut housewife . Karena ilmu bahasa Inggris saya nihil, jadi saya gak tau kenapa orang Inggris menamakan IRT itu dengan sebutan housewife ? Sebuah kata yang terdiri dari dua suku kata, "rumah" dan "istri". Kalau dibolehin untuk ngasih opini dari kelas sudra saya, mungkin maksudnya adalah seorang istri yang jadi pengendali urusan rumah. Wah, keren. Lebih lengkapnya bisa mungkin cari di kamus EOD, Gais. Daripada penasaran, hehe. Gak salah memang kalau seorang IRT diartikan sebagai seorang istri yang jadi pengendali urusan rumah, sebab memang begitu lah kenyataan yang sering terjadi di masyarakat. Namun, karena bahasa punya sifat inovatif, di mana dia bisa berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, bisa jadi kosakata housewife  dapat digantikan perannya menjadi homemaker . Wah, apa itu? Istilah homemaker  tercetu

Belajar Bahasa Jepang Sehari-hari

Di Rumah Orang Jepang biasanya sesaat setelah mereka bangun pagi, akan langsung menyapa keluarganya. Dengan ucapan selamat pagi, "Ohayou" . Mereka akan saling mendahului untuk menyapa dengan ucapan ini. Mari kita mulai percakapannya! Sakura : "Ohayou" Okaasan : "Ohayou" Otousan : "Ohayou" Kenta (Imouto) : "Ohayou" Sakura : Hayaku okiru ne, Kenta ha." Okaasan : "Sou ne. Kyou otona ni nattakara ne." Kenta : "Nande sore. Kyou shiken ga attakara." Otousan : " Yoku ganbatte ne . Jaa, ikanakya. Ittekimasu . " Okaasan : "A, itterashai ." Kenta to Sakura : " Itterashai ." Terjemahan Sakura : "Pagi." Ibu : "Pagi." Ayah : "Pagi" Kenta (adik laki-laki) : "Pagi." Sakura : "Kenta bangunnya cepet ya." Ibu : "Iya ya. Karena sekarang ma udah gede." Kenta : "Apaan sih. Aku bangun cepet karena ada ujian hari in

Asmaul Husna*

Saat mendengarkan iklan di radio MQ FM, saya terkesan oleh salah satu lagu di dalamnya. Lagu itu menyanyikan 99 nama-nama Allah yang baik dan agung, yakni Asmaul Husna. Lalu sadar kalau laguitu sangat menyentuh hati saya, saya buru-buru merekamnya. Dan lalu saya menangis ketika mendengarkannya. Alhamdulilah. Sudah dua minggu semnejak saya mendapatkan lagu baik itu. Lalu saya ingin sekali mengikuti lagu tersebut. Namun saya terbatas karena belum hafal lirik lagunya. Dengan beberapa kali mendengarkan lagu itu, saya pun menulis liriknya yang semoga sesuai dengan lagu tersebut. Saya masih belum tahu siapa gerangan sang biduannya. Mungkinkah Sami Yusuf? Hemm. Siapapun dia, semoga Allah menjaganya dengan sebaik-baik perlindungan ^^ Bdw, ini lanngsung saja saya lampirkan liriknya. Siapa tahu kalian sudah  punya lagunya tapi belum tahu liriknya. Hehe. Mari kita sharing . Yang bisa nyanyiin lagunya, ayo nyanyikan! Ya Allah...4x Ya Allah...4x Allahu antal malikul quddus... Wal jabbarul