Skip to main content

SEPOTONG SENJA YANG MENGKILAT





Setiap senja datang, dia selalu mampu memikat siapa saja yang memandang gurat warnanya yang jingga. Sebab kecantikannya yang memesona ini, banyak sekali sastrawan yang merangkai kata dan syair mendeksripsikan keindahannya. Atau mencomotnya dalam sebuah alur cerita untuk memperindah isi cerita.

Begitu pun dengan sang fakir ilmu ini, saya. Setiap kali senja datang, ada nafas yang terhela dengan lantunan doa. Doa kepada Sang Pemilik Senja semoga senja saya diberkahi. 

Saat saya menatap langit atau sorot matahari yang penuh kemilau jingga, di sana jiwa saya mengangkasa. Membayangkan bahwa di jam ini lah para burung yang melanglang buana mencari rezeki, pulang berduyun-duyun sambil tersoroti cahaya jingga. Para pedagang pulang dari bekerja dengan peluh dan sisa tenaga. Para petani berkemas membereskan peralatan karena senja sudah menggelar pertunjukan.

Di satu sisi, bumi pun tengah berkemas untuk menyambut malam, menyambut bintang, menyambut angin, menyambut dingin, menyambut rencana orang-orang jahat yang mempersiapkan kejahatan di malam kelam, menyambut karyawan-karyawan pabrik yang bekerja di shift malam. Semua berkemas dan bersiap sebab senja sudah tampak. Gurat jingganya sudah tergelar di sepenjuru langit. Masuk ke ruang lewat lubang ventilasi rumah. Menumpahkan kenangan, asa, dan harapan.

Senja telah datang. Kemilaunya membaurkan kenangan. Warna jingganya memberikan kesegaran. Guratnya mengangkasakan harapan.

Selamat menikmati senja. Jangan lupa dzikir petang. 

Comments

Popular posts from this blog

Housewife Vs Homemaker

Housewife vs Homemaker? Apa ini? Dalam Bahasa Inggris, profesi IRT alias Ibu Rumah Tangga biasa disebut housewife . Karena ilmu bahasa Inggris saya nihil, jadi saya gak tau kenapa orang Inggris menamakan IRT itu dengan sebutan housewife ? Sebuah kata yang terdiri dari dua suku kata, "rumah" dan "istri". Kalau dibolehin untuk ngasih opini dari kelas sudra saya, mungkin maksudnya adalah seorang istri yang jadi pengendali urusan rumah. Wah, keren. Lebih lengkapnya bisa mungkin cari di kamus EOD, Gais. Daripada penasaran, hehe. Gak salah memang kalau seorang IRT diartikan sebagai seorang istri yang jadi pengendali urusan rumah, sebab memang begitu lah kenyataan yang sering terjadi di masyarakat. Namun, karena bahasa punya sifat inovatif, di mana dia bisa berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, bisa jadi kosakata housewife  dapat digantikan perannya menjadi homemaker . Wah, apa itu? Istilah homemaker  tercetu

Belajar Bahasa Jepang Sehari-hari

Di Rumah Orang Jepang biasanya sesaat setelah mereka bangun pagi, akan langsung menyapa keluarganya. Dengan ucapan selamat pagi, "Ohayou" . Mereka akan saling mendahului untuk menyapa dengan ucapan ini. Mari kita mulai percakapannya! Sakura : "Ohayou" Okaasan : "Ohayou" Otousan : "Ohayou" Kenta (Imouto) : "Ohayou" Sakura : Hayaku okiru ne, Kenta ha." Okaasan : "Sou ne. Kyou otona ni nattakara ne." Kenta : "Nande sore. Kyou shiken ga attakara." Otousan : " Yoku ganbatte ne . Jaa, ikanakya. Ittekimasu . " Okaasan : "A, itterashai ." Kenta to Sakura : " Itterashai ." Terjemahan Sakura : "Pagi." Ibu : "Pagi." Ayah : "Pagi" Kenta (adik laki-laki) : "Pagi." Sakura : "Kenta bangunnya cepet ya." Ibu : "Iya ya. Karena sekarang ma udah gede." Kenta : "Apaan sih. Aku bangun cepet karena ada ujian hari in

Asmaul Husna*

Saat mendengarkan iklan di radio MQ FM, saya terkesan oleh salah satu lagu di dalamnya. Lagu itu menyanyikan 99 nama-nama Allah yang baik dan agung, yakni Asmaul Husna. Lalu sadar kalau laguitu sangat menyentuh hati saya, saya buru-buru merekamnya. Dan lalu saya menangis ketika mendengarkannya. Alhamdulilah. Sudah dua minggu semnejak saya mendapatkan lagu baik itu. Lalu saya ingin sekali mengikuti lagu tersebut. Namun saya terbatas karena belum hafal lirik lagunya. Dengan beberapa kali mendengarkan lagu itu, saya pun menulis liriknya yang semoga sesuai dengan lagu tersebut. Saya masih belum tahu siapa gerangan sang biduannya. Mungkinkah Sami Yusuf? Hemm. Siapapun dia, semoga Allah menjaganya dengan sebaik-baik perlindungan ^^ Bdw, ini lanngsung saja saya lampirkan liriknya. Siapa tahu kalian sudah  punya lagunya tapi belum tahu liriknya. Hehe. Mari kita sharing . Yang bisa nyanyiin lagunya, ayo nyanyikan! Ya Allah...4x Ya Allah...4x Allahu antal malikul quddus... Wal jabbarul