Skip to main content

Money



Kala pagi sudah tersingkap, deru motor menyala, mesin mobil mengepul, gerobak-gerobak bergerak. Semua memulai penghidupan. Pagi telah tersingkap maka rezeki siap terjemput.

Ya, begitu. Rutinitas yang kudengar setiap pagi. Orang-orang terbangun dan mulai bergerak menjemput rezekinya di hari yang baru. Ada yang menjemput sejak subuh ada pula yang memulainya di waktu siang bolong sampai malam yang buta.

Perut yang kosong sudah terisi demi menjemput rezeki. Kantong uang yang sepi kelak jam demi jam akan terisi oleh gelundungan receh dan uang kertas yang kucel. 

Badan yang sudah harum tersiram sabun kelak akan meleleh kemudian luruh tergantikan peluh keringat yang menyengat. Tak mengapa semua demi keberlangsungan hidup. 

Jemari-jemari kekar, terbakar, legam, kadang-kadang kutemui menjulurkan uang recehan yang masih "hangat" itu untuk menebus pulsa yang kukirimkan. 

Ya, serpihan-serpihan receh dan uang kertas lusuh yang dicari sedari subuh tadi nyatanya harus kembali ditukar dengan keperluan hidup yang lain. Salah satunya adalah pulsa. 

Kadang kutemui uangnya receh lima ratusan. Kadang juga kutemui uangnya hangat tersebab si uang di simpan di dekat kompor (tebak pedagang apaaa). 

Pernah suatu kali kuberhadapan dengan seorang waria. Dia mengamen dengan gaya yang amat aneh dan menurutku cenderung menyeramkan. Wajahnya dipoles bedak tebal yang berujung bertolak belakang dengan kulit lehernya. Gincunya merona mungkin cocok disebut berlebihan. Alisnya seperti polisi tidur di jalanan. Belum kerudung sunami yang dikenakannya kebesaran. Melihatnya saja kusudah terkejut bukan kepalang. Keterkejutanku bertambah setelah kumelihat sesuatu yang dia bawa di depannya. Boneka! yang dibuat menempel di dadanya. Mungkin agar terkesan lucu. Atau agar orang mengira dia membawa anak? Tapi apa yang saya lihat? Sungguh saat itu saya sedang tidak fokus jadi melihat dia dengan dandanan dan kostum ngeri seperti itu membuat saya mengira bahwa boneka itu manusia. Lalu itu kepala siapa yang pakai kerudung?!! Benak saya kebingungan. Setelah beberapa waktu menatap dia yang tengah berjoget di depan dengan alunan musik dangdut saya baru sadar dengan apa yang saya lihat. Keterkejutan itu berhasil membuat saya menolak memberikan uang kepadanya. Berharap dia segera pergi dan meninggalkan saya. Tapi ... saya makin merinding dan hampir berteriak karena ketakutan saat dia berjalan menghampiri. Mendekat ke saya. Dan bertanya, "Voucher Ax*s berapaan, Teh?" 

Setelah menjelaskan akhirnya waria itu fix membeli satu voucher Ax*s satu gigabyte. Cukup lama dia menyerahkan uangnya sebab dia harus mengumpulkan, mengorek, menghitung perlahan-lahan uang receh yang dia punya untuk membayar apa yang dia beli. Saya yakin itu uang hasil ngamen selama ini. Benak saya berpikir keras sambil mengetik SMS mengirimkan kode voucher ke teman dia bernama Vera. 

Saya hanya berpikir begini, uang yang receh demi receh terkumpul, dari energi demi energi yang terurai, lelah demi lelah yang terkumpul, uang itu pada akhirnya berpindah tangan pula kepada orang lain. Dan hasil yang ia peroleh adalah sebuah kenikmatan dapat menikmati kuota hasil jerih payahnya sendiri. 

Semua begitu. 

Receh yang bertaburan serta uang kertas yang lusuh yang terkumpul dari tenaga yang terurai ke udara, lelah yang terhempas, dan perut yang awalnya terisi kemudian kosong itu pada akhirnya akan berpindah lagi. Ke tangan demi tangan. Hasilnya? Lelah itu menjadi nikmat karena buah dari usaha sendiri sedari subuh. 

Uang uang yang ditimbun takan pernah memberikan kebahagiaan. Sebab sejatinya uang itu akan terus berpindah tangan. Tidak usah takut kehilangan uang yang dicari dengan sekuat tenaga sedari subuh itu, sebab dia sejatinya akan terus berpindah tangan. Dan akan selalu begitu. Biar lah dia berpindah dengan bijak sebijak mentari yang menyelam kala senja datang.

Comments

Popular posts from this blog

Housewife Vs Homemaker

Housewife vs Homemaker? Apa ini? Dalam Bahasa Inggris, profesi IRT alias Ibu Rumah Tangga biasa disebut housewife . Karena ilmu bahasa Inggris saya nihil, jadi saya gak tau kenapa orang Inggris menamakan IRT itu dengan sebutan housewife ? Sebuah kata yang terdiri dari dua suku kata, "rumah" dan "istri". Kalau dibolehin untuk ngasih opini dari kelas sudra saya, mungkin maksudnya adalah seorang istri yang jadi pengendali urusan rumah. Wah, keren. Lebih lengkapnya bisa mungkin cari di kamus EOD, Gais. Daripada penasaran, hehe. Gak salah memang kalau seorang IRT diartikan sebagai seorang istri yang jadi pengendali urusan rumah, sebab memang begitu lah kenyataan yang sering terjadi di masyarakat. Namun, karena bahasa punya sifat inovatif, di mana dia bisa berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, bisa jadi kosakata housewife  dapat digantikan perannya menjadi homemaker . Wah, apa itu? Istilah homemaker  tercetu

Belajar Bahasa Jepang Sehari-hari

Di Rumah Orang Jepang biasanya sesaat setelah mereka bangun pagi, akan langsung menyapa keluarganya. Dengan ucapan selamat pagi, "Ohayou" . Mereka akan saling mendahului untuk menyapa dengan ucapan ini. Mari kita mulai percakapannya! Sakura : "Ohayou" Okaasan : "Ohayou" Otousan : "Ohayou" Kenta (Imouto) : "Ohayou" Sakura : Hayaku okiru ne, Kenta ha." Okaasan : "Sou ne. Kyou otona ni nattakara ne." Kenta : "Nande sore. Kyou shiken ga attakara." Otousan : " Yoku ganbatte ne . Jaa, ikanakya. Ittekimasu . " Okaasan : "A, itterashai ." Kenta to Sakura : " Itterashai ." Terjemahan Sakura : "Pagi." Ibu : "Pagi." Ayah : "Pagi" Kenta (adik laki-laki) : "Pagi." Sakura : "Kenta bangunnya cepet ya." Ibu : "Iya ya. Karena sekarang ma udah gede." Kenta : "Apaan sih. Aku bangun cepet karena ada ujian hari in

Ingin Seperti Amoeba

Amoeba. Pertama kali mendengar nama makhluk ini yakni ketika duduk di bangku SMA dalam pelajaran Biologi, ah entah SMP, ya, saya lupa, hehe. Guru Bilogi saya berkata bahwa amoeba adalah makhluk kecil yang berkembang biak dengan cara membelah diri. Wow. Menarik. Satu dari sekian makhluk ciptaan Allah SWT yang dahsyat! Taken by Google Saya suka pelajaran biologi, jadi jangan heran kalau masih agak ingat tentang pelajarannya (ah sombong), ups, tentunya ini berkat pertolongan Allah 'Azza wa Jalla. S aya bukan ahli biologi dan tidak akan membahas secara panjang lebar terkait makhluk kecil yang dahsyat ini. Saya ingin memetik hikmah indah dari apa yang sudah Allah SWT limpahkan kepada makhluk kecil tersebut. Sungguh benar bahwa dalam setiap penciptaan langit dan bumi terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi hamba yang mau berfikir dan semua ciptaan-Nya tidak ada yang sia-sia (cek Surat Al Imran ayat 190-191). Membelah diri adalah kemampuan yang dianugerahkan Allah SWT untuk